M1CRO
Micro

M1CRO

Mia 1 Cyber Reverenced Organization.

Pengertian Software


Pengertian Software
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam untuk kalian semua para pembaca.Untuk tulisan kali ini , saya akan menjelaskan pengertian software. Mungkin kebanyakan pembaca sudah mengerti tentang pengertian software , namun disini saya akan menjelaskan kembali tentang pengertian software kepada pembaca yang belum terlalu paham tentang software

Pengertian Software

Software atau yang lebih dikenal sebagai perangkat lunak komputer merupakan sebuah istilah untuk data yang ditata dan disimpan secara digital yang termasuk program komputer serta dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca serta ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan "bahasa pemrograman" yang ditulis oleh programmer seperti Pascal, C++, Java dan lain-lain yang untuk selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware.

Di bawah ini ada beberapa contoh dari bermacam - macam perangkat lunak, yaitu:

  1. Perangkat lunak aplikasi (application software)

  2. Sistem operasi (operating system)

  3. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool)

  4. Pengendali perangkat keras (device driver)

  5. Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)

  6. Perangkat lunak gratis (freeware)

  7. Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)

  8. Perangkat lunak perusak (malware)

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan kepada pembaca, mohon maaf jika ada kesalahan kata dan kekurangannya. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat untuk pembaca.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.