M1CRO
Micro

M1CRO

Mia 1 Cyber Reverenced Organization.

Tips Membuat Powerpoint Yang Bagus

Tips Membuat Power Point Yang Bagus
Bagi kalian disini pasti kebanyakan sudah bisa menggunakan powerpoint untuk membuat presentasi bukan? Powerpoint kini menjadi suatu hal yang penting dalam menjalani proses belajar mengajar di sekolah dikarenakan kurikulum kita saat ini yaitu K13 menuntut kita agar aktif dalam belajar, salah satunya dengan mengadakan presentasi. Presentasi biasanya kita buat di Powerpoint tapi kebanyakan dari kita hanya asal membuat saja sehingga hasil yang didapat kurang memuaskan.

Disini saya akan membagikan beberapa Tips membuat powerpoint yang bagus agar hasil yang didapat bisa memuaskan dan enak dipandang serta mudah dipahami oleh para audiens.

Berikut beberapa tips nya :

1.Tentukan inti powerpoint kita

Tentukan inti powerpoint kita
Dalam membuat powerpoint yang bagus pastinya kita harus mempunyai inti yang menjadi dasar pembahasan kita selanjutnya, berawal dari inti saja maka materi materi yang lainnya akan dengan sendiri terpikirkan. Tanpa menentukan sebuah inti atau topik untuk powerpoint yang kita buat maka isi dari powerpoint kita juga tak akan menarik.

2. Jangan terlalu jauh keluar topik

Jangan terlalu jauh keluar topik
Ini merupakan bagian yang sangat penting dalam rangka membuat powerpoint yang bagus, ketika kita membicarakan suatu topik maka kita harus fokus dan jangan terlalu jauh keluar dari topik utama agar audiens tidak bingung ketika kita mempresentasikan hasil kerja kita. Jangan sampai demi membuat powerpoint kita menarik lalu kita menjabarkan setiap point yang mungkin saja tidak terlalu penting yang malah hanya akan memenuh menuhi slide saja dan membuat powerpoint kita kurang menarik.

3. Jangan terlalu banyak menggunakan background gambar

Jangan terlalu banyak menggunakan background gambar
Jika kita menggunakan terlalu banyak background gambar biasanya akan berdampak pada slide yang kita buat, dalam beberapa kasus menggunakan background gambar akan membuat tulisan dalam slide tersebut menjadi tidak jelas karena kalah kontras dengan background nya, akibatnya audiens tidak bisa mendapatkan apa apa dari presentasi kita karena tidak bisa membaca powerpoint kita.

4. Jangan terlalu banyak menggunakan animasi

Jangan terlalu banyak menggunakan animasi
Saya tahu bahwa animasi akan memperindah powerpoint yang kita buat, tapi terlalu berlebihan menggunakan animasi juga tidak bagus untuk powerpoint, dengan terlalu banyak menggunakan animasi para audiens akan lebih terfokus kepada animasi yang ada bukan malah kepada topik yang sedang kita bahas, gunakanlah animasi secukupnya saja, jangan sampai demi membuat powerpoint yang cantik kita menggunakan banyak animasi dalam satu slide yang nantinya hanya akan memakan tempat saja dan mengurangi nilai eksotisme powerpoint kita.

5. Gunakan design yang "kekinian"

Gunakan design yang "kekinian"
Biasanya kata kekinian dianggap sebagai sesuatu yang negatif oleh orang orang karena biasanya orang yang "kekinian" cenderung menjadi plagiator dan hanya mengikuti orang lain saja, namun berbeda dengan yang ada disini, kekinian dalam hal ini kita harus menggunakan deisgn yang sedang berkembang sekarang ini, jangan sampai kita membuat powerpoint dengan design yang sudah jadul dan ketinggalan jaman. Design yang sekarang sedang booming adalah design konsep "Flat UI". Contoh design Flat UI ini dapat dilihat di gambar paling atas dalam postingan ini. Saya memiliki salah satu contoh Design power point dengan tema Flat UI bisa dilihat dibawah.
Contoh Design Flat UI

6. Hit the nail on the head

Hit the nail on the head
Maksud dari "Hit the nail on the head" adalah kita harus bicara langsung pada poin utamanya dan kita juga harus menjelaskannya dengan jelas agar mudah dipahami audiens atau biasa disebut "To the point". Apakah perlu? Tentu! Untuk membuat sebuah powerpoint yang berkualitas kita harus membicarakan materi kita langsung pada poin utamanya. Tujuannya agar menyingkat waktu dan membuat audiens mudah memahami apa yang kita presentasikan, jika kita terlalu bicara omong kosong maka audiens akan bosan ataupun gagal paham akan apa yang sedang dipresentasikan.

7. Pilih font dan kombinasi warna yang tepat

Pilih font dan kombinasi warna yang tepat
Dalam membuat powerpoint yang berkualitas kita juga harus memperhatikan aspek tampilan yaitu pemilihan font dan pemilihan kombinasi warna yang tepat. Mengapa ini dianggap penting? Coba saja kalian gunakan font yang asal asalan, apakah enak untuk dibaca? apakah menarik? tentu tidak. Para audiens pun akan kesulitan membaca jika kita tidak memperhatikan aspek ini, pemilihan font juga harus memperhatikan tipe design apa yang kita gunakan, ada yang bertema Retro dan ada juga tema Flat UI, untuk tema Flat UI saya sarankan menggunakan font Manteka, Montserrat, Dense, atau Big John and Slim Joe. Sedangkan jika kombinasi warna yang kita gunakan tidak pas juga akan mengurangi nilai eksotisme presentasi kita dan akan jauh dari kata sempurna, jangan gunakan kombinasi warna Oren dengan Biru, Ungu dengan Biru, Kuning dengan Merah, Merah dengan Oren, dan lainnya. Jika ingin memadukan warna jangan sampai anda memaduka warna cerah dengan warna cerah lainnya yang memiliki kontras yang sama tingginya, jika anda tetap memaksa maka hasil yang anda dapatkan pun tidak akan memuaskan.

Sekian Tips dari saya untuk membuat powerpoint yang bagus dan berkualitas, saya membagikan tips ini karena saya pikir sekarang Powerpoint merupakan kebutuhan bagi siswa sekarang ini yang ingin mendapatkan nilai bagus, tentunya kita juga harus membuat sebuah karya yang bagus pula. Oleh karena itu semoga postingan ini membantu anda semua dalam membuat Powerpoint untuk perihal apapun.

22 komentar

Tulis komentar
Anonim
author
5 September 2015 pukul 07.54 Delete

menarik gan infonya !!

Balas
avatar
Unknown
author
5 September 2015 pukul 07.57 Delete

kebetulan sy sering dtugaskan mmbuat PP buat presentasi sy coba gan, thx atas infonya

Balas
avatar
5 September 2015 pukul 08.00 Delete

mantap infonya nice info gan

Balas
avatar
Pascal
author
5 September 2015 pukul 08.04 Delete

Nice info gan, berguna banget bagi pelajar k13 yang sering buat presentasi

Balas
avatar
5 September 2015 pukul 08.06 Delete

Jangan menulis pengertian di power point

Balas
avatar
Unknown
author
5 September 2015 pukul 08.15 Delete

wah bermanfaat banget gan infonya :) boleh dicoba nih

Balas
avatar
Unknown
author
5 September 2015 pukul 08.15 Delete

makasih udah kasih dasar"nya apalagi saya sering sekali membuat powerpoint intinya saya paham dengan posting agan makasih atas informasi nya :) semoga agan terus memberi ilmu walaupun dasar"nya itu udah bagus makasih gan

Balas
avatar
Unknown
author
5 September 2015 pukul 08.21 Delete

Makasih gan atas tipsnya :D

Balas
avatar
Unknown
author
5 September 2015 pukul 08.23 Delete

mantap infonya nice info gan

Balas
avatar
Daffa
author
5 September 2015 pukul 08.28 Delete

Silahkan gan, semoga sukses

Balas
avatar
Daffa
author
5 September 2015 pukul 08.28 Delete

Makasih gan buat tambahannya

Balas
avatar
Daffa
author
5 September 2015 pukul 08.29 Delete

Makasih gan, ilmu itu kan hak buat kita semua

Balas
avatar
Anonim
author
5 September 2015 pukul 08.32 Delete

makasih gan kebetulan ada tugas presentasi nih

Balas
avatar
Unknown
author
5 September 2015 pukul 09.21 Delete

wah pastinya sangta bermanfaat ne gan untuk adik saya thanks infonya

Balas
avatar
Daffa
author
5 September 2015 pukul 11.07 Delete

Semoga sukses presentasi nya gan

Balas
avatar
Unknown
author
5 September 2015 pukul 12.28 Delete

biar makin bagus gan :D

Balas
avatar
5 September 2015 pukul 22.16 Delete

Yah kan sesama orang tegal harus saling berbagi :D

Balas
avatar
6 September 2015 pukul 11.12 Delete

Keren2 , tips yang menarik .
kunjungi juga
http://arkop4t.blogspot.com/
Anak IT Silakan Kumpul :)

Balas
avatar