M1CRO
Micro

M1CRO

Mia 1 Cyber Reverenced Organization.

Antara Manusia dan Alam

Antara Manusia dan Alam
Manusia sebagai makhluk hidup ciptaan tuhan yang sempurna dan diberikan akal pikiran untuk melaksanakan tugasnya di bumi ini, yaitu merawat alam. Dengan sejuta pemikiran, manusia telah berhasil menciptakan beberapa alat yang fungsinya merawat alam atau sebaliknya, yang kita sebut dengan teknologi. Sebagian besar teknologi mengkin sangat besar manfaatnya bagi umat manusia, tetapi manusia itu sendiri tidak melihat dampaknya bagi lingkungan. Berkembangnya pertambahan populasi manusia juga membuat alam kita semakin rusak. Beberapa hari yang lalu kita telah merayakan hari bumi. Memaknai hari bumi salah satunya adalah dengan merawat serta menjaga lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, memakai kendaraan umum, mengurangi jumlah polusi udara, melestarikan hewan dan tumbuhan, dan sebagainya.

pemukiman-padat-penduduk 

Cerpen untuk BKKBN

Sebelum saya memulai wacana eksposisi ini lebh jauh, saya akan bercerita sedikit mengenai pengalaman kecil saya yang mungkin sangan perarti untuk pelestarian lingkungan.

  ... Tepat pukul 4.30 aku bangun dan bergegas mandi untuk bersiap berangkat sekolah. Setelah makan, aku langsung berjalan kaki menuju pangkalan armada angkutan umum sejauh kurang lebih 1 km dari rumah saya. Kira-kira pukul 5.30 aku berangkat dari rumah. Jalan kaki adalah salah satu cara untuk mengurangi polusi udara. Selama diperjalana, aku jarang menjumpai taman, atau pohon-pohon besar. Walau aku tinggal di desa, tapi seolah-olah desaku telah berubah 180 derajat. Tak ada lagi sawah dan ruang terbuka hijau, yang ada hanyalah jejeran rumah semi elite dan toko toko di pinggir jalan. Setelah sampai, aku langsung masuk ke angkot. Angkot adalah saalah satu transportasi umum yang tentunya akan mengurangi kemacetan akibat pertambahan penduduk. Sekolahku bukanlah jarak yang dekat, 12 km jauhnya. Selainitu, aku juga menggunakan sepeda di lain waktu untuk berangkat sekolah. Tentunya untuk mengurangi polusi udara. Jalan yang rusak di perbatasan kota-kabupaten biasa kami angkoters lalui. Mungkin karena jumlah kendaraan yang makin menjadi, diiringi dengan pertambahan penduduk. Polusi juga tidak menghalangiku sekolah. Polusi udara karena asap motor dan mobil, dan polusi tanah karena sampah.


https://jueniver.files.wordpress.com/2011/03/kepadatan-penduduk.jpg
Udah dulu ya, story tellingnya. Oh ya, saya ini anak pertama dari 2 bersaudara. Adik saya juga laki-laki seperti saya. Ibu saya ikut program KB "2 anak lebih baik" untuk membantu program BKKBN mencegah pertambahan penduduk Indonesia dan angka kemiskinan di Indonesia. Tonton Video ini agar lebih jelas mengenai dampak pertambahan populasi penduduk lengan pelestarian lingkungan

Hubungan Manusia dan Pelestarian Alam

Hubungan manusia dengan pelestarian alam bisa diuraikan menjadi 3 bagian yaitu,
  1. Manusia dengan Teknologi. Manusia membutuhkan teknologi untuk membantu pekerjaan manusia. Teknologi juga membutuhkan manusia sebagai pembuat, penyalur, dan pemakai.
  2. Teknologi dengan Alam. Teknologi membutuhkan alam sebagai bahan baku pembuatannya. Alam juga membutuhkan teknolohi untuk membangun, merawat, dan memperbaiki bukan untuk merusak. Teknologi memiliki peran pasif untuk alam.
  3. Manusia dengan Alam. Manusia sangan membutuhkan alam sebagai tempat hidup dan bertahan hidup. Alam juga membutuhkan manusia untuk menjaga, dan merawat alam. Manusia memliki peran aktif untuk alam.
Untuk Judul kedua insya allah akan saya ketik minggu depan. Lomba ini dipersembahkan oleh BKKBN.

Lomba Blog BKKBN Berhadiah Uang 15 Juta Rupiah