M1CRO
Micro

M1CRO

Mia 1 Cyber Reverenced Organization.

Masalah Lingkungan dan Kependudukan

Masalah Lingkungan dan Kependudukan

Permasalahan lingkungan yang disebabakan oleh ulah manusia, pada umumnya akan menjadi momok yang menakutkan, apalagu kalau dapat menimbulkan dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia. Lalu bagaimana pertambahan penduduk bisa menimbulkan permasalahan lingkungan? Saya akan mencoba menguraikan satu per satu permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini.

Sampah

 https://iemka21.files.wordpress.com/2011/06/tumpukan-sampah.jpg
Sampah merupakan sisa barang yang telah digunakan dan tidak dibutuhkan lagi. Lalu apa kaitannya dengan pertambahan penduduk? Bayangkan saja kalau anda minum sehari. Berapa banyak botol yang dibuang? Misal saja 2 botol. Dikalikan dengan jumlah penduduk Indonesia dan dunia. Itu baru botol, belum sampah lainnya seperti bungkus makanan, kertas, kantong plastik, dan sebagainya. Itu baru seharu, gimana kalau 1 bulan, atau 1 tahun. Bayangkan kalau jumlah penduduk Indonesia atau dunia berkembang cukup cepat, sehingga angka kelahiran (natalitas) sangat lebih besar dari angka kematian (mortalitas). Hal itu akan membuat bumi menjadi lautan sampah jika dibiarkan terus menerus

Polusi Udara

 https://blogmelianature.files.wordpress.com/2012/02/polusi-udara.jpg
Semakin banyak jumlah penduduk maka akan semakin banyak pula jumlah kendaraan, terutama motor. Dan kita lihat faktanya, hampir 1 orang memiliki 1 motor. Apabila hal semacam ini terus berlanjut, maka bukan tidak mungkin bumi akan diselimuti kabut asap. Dampak lain terkait hal ini adalah kemacetan. Hal ini disebabkan oleh jumlah kendaraan yang semakin menggludak, bahkan 1 mobil yang mustinya untuk 3 orang, hanya dinaiki 1 orang.

Berkurangnya Ruang Terbuka Hijau dan Lahan Pertanian

 https://ninarantiadewi.files.wordpress.com/2015/04/gambar-pemandangan-sawah-pesawahan1.jpg
Ruang terbuka hijau merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencegah terjadinya global warming dan greenhouse effect. Saay ini, pemerintah juga sedang melakukan normalisasi berupa penggusuran rumah penduduk yang ilegal untuk selanjutnya dijadikan ruang terbuka hijau
Semakin banyak penduduk, tentunya semakin banyak pula kebutuhan tempat tinggal. Semakin banyak tempat tinggal maka akan semakin sedikit pula lahan pertanian. Maka, negara kita akan berhenti memproduksi beras dan melakukan impor beras.

Hutan Gundul untuk pemukiman

Kebutuhan teempat tinggal yang semakin banyak, juga akan membuat hutan gundul  semakin banyak. Akibatnya, pemanasan global aka teerjadi semakin parah.

Masalah Lain Kependudukan

  1. Berkurangnya lapangan kerja
  2. Meningkatya angka pengangguran
  3. Meningkatnya angka kemiskinan

Penanggulangan Permasalahan Lingkungan yang berkaitan dengan Pertambahan Penduduk


Masalah yang semakin rumit bisa diatasi dengan melakukan pencegahan atau penanggulangan. Masalah tanpa solusi, hanya akan membuat masalah semakin rumit. Solusi dari permasalahan lingkungan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Melakukan 3R (Reuse, Reduce, Recycle)

 https://alamendah.files.wordpress.com/2010/07/reduce-recycle-reuse.jpg
Sampah yang terlihay tidak berguna, bisa kita manfaatkan atau diolah kembali dengan 3R, yaitu Reuse, Reduce dan Recycle. Reuse adalah menggunakan kembali barang bekas. Reduce adalah mengurangi penggunaan barang yang susah diurai. Recycle adalah melakukan daur ulang sampah.

2. Pencegahan Polusi Udara

 http://image.slidesharecdn.com/pencemaranudara-140127045515-phpapp02/95/pencemaran-udara-13-638.jpg?cb=1390798650
Pencegahan polusi udara bisa dengan cara-cara berikut ini.
  1. Program 1 rumah 1 kendaraan
  2. Program 3 in 1
  3. Menaikkan pajak/harga kendaraan
  4. Menggunakan kendaraan umum
  5. Menggunakan sepeda atau jalan kaki
  6. Menanam pohon di samping jalan
  7. Menerapkan Area No Smoking
  8. Tidak membakar sampah, melainkan menguburnya

3. Penanggulangan permasalahan Tempat Tinggal

http://transabled.org/wp-content/uploads/2015/09/rumah-susun.jpg
  1. Memakai rumah susun
  2. Mengurus IMB sebelum mendirikan bangunan.
  3. Mendirikan bangunan dengan tetap memperhatikan alam

4. Mengikuti Program KB

 http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/655521/big/KB1.jpg
KB (Keluarga Berencana) adalah sebuah program pemerintah melalui BKKBN  yang bertujuan untuk mencegah terjadinya pertambahan jumlah penduduk yang begitu pesat. Program ini juga mencegah terjadinya kemiskinan dan tingkat pengangguran yang tinggi.

Untuk Judul ketiga insya allah akan saya ketik minggu depan. Lomba ini dipersembahkan oleh BKKBN.

Lomba Blog BKKBN Berhadiah Uang 15 Juta Rupiah